Sabtu, 23 Oktober 2010

KEGIATAN KESISWAAN

Kegiatan kesiswaan merupakan salah satu bagian penting dalam pendidikan dan sudah menjadi kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas dan keterampilan peserta didik, khususnya kemampuan dalam berorganisasi sekaligus sebagai wadah untuk menampung minat, bakat dan aspirasi siswa.
Mengingat pentingnya hal tersebut SMAN 1 Pabuaran telah berkomitmen untuk terus memacu kinerja seluruh komponen kesiswaan yang dilakukan setahap demi setahap berpedoman pada azas kebutuhan, efektivitas dan efisiensi kegiatan dengan mempertimbangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.
Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Pabuaran saat ini adalah kegiatan OSIS, Pasibra, PMR, Pramuka, Seni, Teater dan olahraga.  Kegiatan OSIS merupakan kegiatan wajib yang harus diselenggarakan sebagai wadah organisasi seluruh siswa. Kegiatan OSIS pada dasarnya terbagi menjadi 7 bidang garapan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Dalam pelaksanaanya OSIS SMAN 1 Pabuaran menyusun program kerja dalam 2 jenis  program yaitu program tahunan dan program jangka panjang. sebagai wadah organisasi terbesar OSIS SMAN 1 Pabuaran dituntut untuk mampu menampilkan hasil-hasil kreativitas siswa yang bersifat dinamis dan bermanfaat selain kegiatan-kegiatan yang telah ada sebelumnya.
Kegiatan rutin OSIS SMAN 1 Pabuaran yang dilaksanakan sepanjang tahun adalah kegiatan yang bersifat internal seperti perlombaan antar kelas saat akhir tahun atau menyambut hari kemerdekaan, perayaan hari besar agama, kegiatan awal tahun (MOS).  Sedangkan kegiatan lainnya biasanya bersifat insidental yang melibatkan pihak luar sebagai peserta atau kepanitiaan.
Kelompok Paskibra SMAN 1 Pabuaran merupakan salah satu ekstrakuriler tertua.  Kiprah dan sumbangsih Paskibra SMAN 1 Pabuaran di Kecamatan Pabuaran cukup membanggakan.  Setiap tahunnya saat perayaan hari kemerdekaan Paskibra SMAN 1 Pabuaran dipercaya untuk menjadi pasukan pengibar bendera di alun-alun kecamatan dan aktif mengikuti berbagai keatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah maupun pihak lain seperti latihan gabungan, seleksi paskibra tingkat kabupaten dan sebagainya. Selain itu dipercaya menjadi panitia lomba lomba baris-berbaris yang tingkat Kec. Pabuaran.

 Kegiatan - Kegiatan Kesiswaan
1. Latihan Gabungan
2. Pentas Seni Merah Putih
3. Study Tour
4. Latihan Keterampilan Baris Berbaris
5. Pelepasan Alumni

0 komentar: